Rabu, 13 April 2011

Materi 4 PKn

  1. Makna konsep “ dari rakyat dalam demokrasi adalah rakyat sebagai pihak yang berkehendak mengorganisasikan diri dalm sebuah Negara guna mewujudkan cita-cita pribadi maupun cita-cita bersama”

  2. Makna konsep untuk rakyat adalah kebijakan pemerintah membuahkan hasil maka rakyat pulalah yang menikmati hasil pelaksanaan dan pengawasan kebijakan pemerintah itu.

  3. Prinsip konsultasi pada rakyat adalah kebijakan yang sesuai kehendak rakyat yang ditetapkan pemerintah wajib melaksanakanya secara bertanggung jawab.

  4. Pengertian prinsip persamaan dalam politik dalam demokrasi adalah persamaan kesempatan dalam berpartisipasi, bukan persamaan partisipasi nyata warga masyarakat. Asalkan tiap warga negara memiliki kesempatan sama untuk berpartisipasi sesuai dengan kehendaknya dan kemauannya dalam berpolitik.

  5. Hak mayoritas menurut prinsip majority rule yaitu berhak mengambil keputusan.

  6. Kewajiban mayoritas yaitu wajib mengingat bahwa minoritas juga bagian dari rakyat, yang harus dipertimbangkan hak dan aspirasinya.

  7. Hak minoritas menurut prinsip majority rule berhak mengajukan aspirasi serta pendapat.

  8. Kewajiban minoritas menurut prinsip majority rule adalah menjalankan dan mematuhi keputusan yang telah dibuat oleh keputusan mayoritas.

  9. Perbedaan antara mayoritas minoritas permanen dan mayoritas minoritas tidak permanen adalah mayoritas- minoritas permanen, mayoritas akan tetap menjadi mayoritas dan minoritas akan tetap menjadi minoritas.Sedangkan mayoritas-minoritas tidak permanen, mayoritas-minoritas dapat berubah.

  10. Dasar terbentuknya mayoritas-minoritas tidak permanen adalah kesatuan bangsa yang harus tetap dipertahankan walau trdapat banyak perbedaan.

  11. Cara melindungi kepentingan minoritas permanen dalam negara demokrasi adalah (1) membri perwakilan proporsional kepada keompok minoritas, ( 2 ) memberikan hak veto kepada minoritas , (3 ) membri otonomi khusus bagi minoritas.

  12. Perbedaan pemerintah demokrasi dengan pemerintah kediktatoran adalah jika dalam pemerintahan demokrasi kedaulatan berasal dari rakyat, keikut sertaan warga negara dalam berpolitik, dan rakyat memiliki kekuasaan paling tinggi. Sedangkan dalam pemerintahan kediktatoran kedaulatan berasal dari satu orang penguasa tidak adanya ikut campur tangan warga negara dalam berpolitik dan penguasa memiliki kekuasaan tertinggi.

  13. Karakteristik pemerintahan diktator yaitu dimana bentuk pemerintahan kekuasaan tertinggi dipegang dan dijalankan oleh satu orang atau sekelompok kecil elit. Sistem pemerintahan disini dicirikan oleh adanya suatu ideologi resmi, satu paket tunggal pengawasan kegiatan masyarakat, monopoli media masa dan kekuatan bersenjata serta pengendalian terpusat kegiatan ekonomi.

  14. Makna demokrasi berdasarkan sila kesatu pancasila adalah menolak atheisme maupun propaganda untuk mnyebarluaskan atheisme.

  15. Makna demokrasi berdasarkan sila ketiga pancasila adalah pelaksanaan demokrasi mengutamakan integrasi( persatuan kesatuan bangsa dan tumpah darah Indonesia )

  16. Makna demokrasi berdasrkan sila kelima pancasila adalah demokrasi mewujudkan kesejahteraan bagi seluruh rakyat Indonesi.

  17. Alasan mengapa demokrasi belum dapat dijalankan pada masa awal kemerdekaan adalah karena negara indonesia masih berada pada bayang-bayang negara penjajah.

  18. Hal-hal negatif dari pelaksanaan demokrasi liberal di tahun 1950an :

    • Kebijakan pemerintah jangka panjang tidak dapat terlaksana.

    • Ketidak serasian hubungan dalam tubuh angkatan bersenjata.

    • Perekonomian mengalami kemerosotan.

  19. Hal positif dari pelaksanaan liberal :

    • DPR berfungsi dengan baik

    • PERS bebas untuk bekerja

    • Pemberontak-pemberontak dapat di atasi

    • Hanya ada sedikit ketegangan antar umat beragama

  20. Hal negatif dari demokrasi terpimpin :

    • Pelangaran prinsip kebebasan kekuasaan kehakiman

    • Pengekangan hak asasi warga negara di bidang politik

    • Pelampauan batas wewenang

23. Hal positif dari demokrasi pancasila :

  • Keberhasilan dalam program KB

  • Pertanian menunjukan keberhasilan yang besar.

25. Hal positif dari demokrasi transisi :

  • Pengembangan sistem multi partai

  • Kebebasan pers dicoba ditegakan

  • Bisa diwujudkanya prinsip PEMILU yang LUBER dan JURDIL

Arifin Eko A. 292007018